Rabu, 12 November 2014

TULISAN KE 5 (ETIKA BISNIS )

CARA MENGENDALIKAN

EMOSI SECARA BERLEBIHAN


Tanpa disadari, pastinya setiap manusia sering mengeluarkan emosi. Ada orang yang dapat menahan emosi secara tidak berlebihan dan ada juga yang tidak dapat menahan emosi sehingga tingkat amarahnya diluar batas kendali orang tersebut. Hal ini sebenarnya tidak baik apabila emosi tersebut tidak dapat kita kendalikan. Dibawah ini akan diberikan beberapa penyebab emosi berlebihan :

1.     Marah yang tertekan yang tidak dapat terekspresikan. Mungkin karena seseorang merasa di abaikan, perasaan tidak nyaman, orang tersebut tidak di hargai. Hal tersebut menyebabkan situasi kehidupan seseorang yang menyakitkan dan membuat perilaku seseorang tidak sehat.
2.     Emosi yang tidak bisa terbendung, dikarenakan hal yang buruk dan negatif. Dan emosi yang ditahan dapat membuat seseorang menjadi depresi.
3.     Faktor pengaruh oleh kadar serotonin didalam otak. Fluktuasi kadar hormon serotonin dalam otak akan mempengaruhi bagaimana respon seseorang dalam mengatur kemarahannya.

Sebenarnya menluapkan emosi adalah cara sehat untuk melepaskan perasaan terpendam. Dibawah ini akan diberikan beberapa langkah dan sikap dalam meredam emosi :

a.      Cobalah untuk berfikir tenang, diam sejenak dan berusaha untuk menarik lebih banyak pikiran yang lebih baik kedalam hidup anda.
b.     Tarik nafas dalam-dalam beberapa saat, karena tindakan sederhana ini sangat membantu anda dalam menghilangkan atau mengatasi kemarahan.
c.      Cari tempat yang paling tenang yang sesuai selera anda untuk berfikir mencari solusi dengan nyaman.
d.     Lakukan aktivitas fisik, seperti berjalan-jalan sejenak, berlari, maupun mendengarkan musik yang paling nyaman.
e.      Bila emosi meningkat, maka kecerdasan menurun, bahkan hilang sama sekali. Hindarilah berbuat sesuatu apabila kondisi hati sudah tidak nyaman.
f.       Berpikirlah positif , hapuslah segala pemikiran dan keyakinan negatif. Agar tidak menimbulkan emosi di hati.



NAMA               : RUTH APRIYANA TRI AYU
NPM                   : 19211500
KELAS              : 4EA17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar