PENDAHULUAN
1. Pengertian Perilaku Konsumen
Menurut
John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi
tentang unit pembelian (buying unit)
dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai
produk,jasa,dan pengalaman serta ide-ide.
Menurut
Engel, Blackwell, dan Miniard mendefinisikan bahwa perilaku konsumen adalah
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan
menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan ini.
Menurut
Wikipedia bahasa Indonesia mendefinisikan bahwa perilaku konsumen adalah proses
dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan,serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.Perilaku
konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan
pembelian.
Jadi
kesimpulan dari definisi perilaku konsumen adalah keputusan pembelian yang
dilakukan oleh konsumen dalam hal
mencari,memilih,mendapatkan,mengkonsumsi,serta memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen tersebut.
2. Cakupan Ilmu Perilaku Konsumen
Dalam mempelajari perilaku konsumen, terdapat beberapa
variabel dalam hal mempelajari konsumen, adalah :
1) Variabel Stimulus
Variabel stimulus adalah
variabel yang berasal dari luar diri individu ( merupakan factor eksternal yang
sanagat berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan pembelian).
Contoh : pemilihan merek dan
jenis barang yang berkualitas baik.
2) Variabel Respons
Variabel respon adalah hasil
dari aktivitas individu sebagai reaksi dan variabel stimulus. Variabel respons
sangat berpengaruh pada factor dan kekuatan stimulus tersebut.
Contoh : keputusan dari
seorang individu dalam membeli barang, penilaian terhadap barang tersebut.
3) Variabel Intervening
Variabel intervening adalah
variabel antara stimulus dan respons. Dengan kata lain variabel intervening
adalah variabel yang muncul dalam diri individu dan yang terkandung dengan
variabel dari respons.
3. Pemikiran Yang Benar Mengenai Konsumen
Definisi konsumen secara luas adalah orang yang secara
langsung atau tidak langsung membeli barang/ jasa yang akan digunakannya dalam
hal memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan tidak untuk di jual kembali. Apabila
barang/jasa tersebut dijual kembali, maka ini dinamakan sebagai pengecer atau
distributor.
Kita pun dapat mengenali dan mengetahui siapa sebenarnya
konsumen kita dengan cara survey. Survey dilakukan untuk mengetahui dan
memahami bagaimana sikap atau perilaku konsumen di pasar baik secara makro
maupun mikro.
4. Cirri-ciri Konsumen
Perilaku konsumen secara umum dibagi menjadi 2 yaitu
Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional dan Irrasional.
Cirri-ciri perilaku konsumen yang bersifat rasional
sebagai berikut :
1) Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan.
2) Barang yang dipilih konsumen memberikan manfaat yang baik
bagi konsumen.
3) Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin.
4) Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan
kemampuan konsumen membeli.
Ciri-ciri perilaku konsumen
yang bersifat irrasional sebagai berikut
:
:
1) Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi
di media cetak maupun elektronik.
2) Konsumen memiliki barang-barang bermerk yang sudah
dikenal luas.
3) Konsumen memilih barang bukan berdasarkan
kebutuhan,melainkan gengsi atau prestise.
5. Penelitian Konsumen Sebagai Suatu Bidang Yang Dinamis
Untuk memahami keinginan dan kebutuhan konsumen yang
tidak pernah ada habisnya, sebagai pemasar kita harus terus berinovasi dalam
suatu produk, pemasar juga harus terus meningkatkan kualitas barang/jasa, dapat
memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Hal ini untuk memberikan
kepercayaan kepada konsumen untuk terus setia dalam produk yang pemasar
tawarkan, tentunya agar pemasar dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
SUMBER :
NAMA : RUTH APRIYANA TRI AYU
NPM : 19211500
KELAS : 3EA17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar