Rabu, 02 Oktober 2013

PERILAKU KONSUMEN


PENDAHULUAN 

 


1.  Pengertian Perilaku Konsumen

          Menurut John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa,dan pengalaman serta ide-ide.

         
          Menurut Engel, Blackwell, dan Miniard mendefinisikan bahwa perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
          Menurut Wikipedia bahasa Indonesia mendefinisikan bahwa perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan,serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
         
          Jadi kesimpulan dari definisi perilaku konsumen adalah keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dalam hal mencari,memilih,mendapatkan,mengkonsumsi,serta memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut.




2.  Cakupan Ilmu Perilaku Konsumen

         
Dalam mempelajari perilaku konsumen, terdapat beberapa variabel dalam hal mempelajari konsumen, adalah :
1)   Variabel Stimulus
Variabel stimulus adalah variabel yang berasal dari luar diri individu ( merupakan factor eksternal yang sanagat berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan pembelian).
Contoh : pemilihan merek dan jenis barang yang berkualitas baik.

2)   Variabel Respons
Variabel respon adalah hasil dari aktivitas individu sebagai reaksi dan variabel stimulus. Variabel respons sangat berpengaruh pada factor dan kekuatan stimulus tersebut.
Contoh : keputusan dari seorang individu dalam membeli barang, penilaian terhadap barang tersebut.

3)   Variabel Intervening
Variabel intervening adalah variabel antara stimulus dan respons. Dengan kata lain variabel intervening adalah variabel yang muncul dalam diri individu dan yang terkandung dengan variabel dari respons.


3.   Pemikiran Yang Benar Mengenai Konsumen

Definisi konsumen secara luas adalah orang yang secara langsung atau tidak langsung membeli barang/ jasa yang akan digunakannya dalam hal memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan tidak untuk di jual kembali. Apabila barang/jasa tersebut dijual kembali, maka ini dinamakan sebagai pengecer atau distributor.
Kita pun dapat mengenali dan mengetahui siapa sebenarnya konsumen kita dengan cara survey. Survey dilakukan untuk mengetahui dan memahami bagaimana sikap atau perilaku konsumen di pasar baik secara makro maupun mikro.


4.  Cirri-ciri Konsumen

Perilaku konsumen secara umum dibagi menjadi 2 yaitu Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional dan Irrasional.

Cirri-ciri perilaku konsumen yang bersifat rasional sebagai berikut :
1)   Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan.
2)   Barang yang dipilih konsumen memberikan manfaat yang baik bagi konsumen.
3)   Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin.
4)   Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen membeli.

Ciri-ciri perilaku konsumen yang bersifat irrasional sebagai berikut
:
1)   Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik.
2)   Konsumen memiliki barang-barang bermerk yang sudah dikenal luas.
3)   Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan,melainkan gengsi atau prestise.


5.  Penelitian Konsumen Sebagai Suatu Bidang Yang Dinamis

Untuk memahami keinginan dan kebutuhan konsumen yang tidak pernah ada habisnya, sebagai pemasar kita harus terus berinovasi dalam suatu produk, pemasar juga harus terus meningkatkan kualitas barang/jasa, dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Hal ini untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen untuk terus setia dalam produk yang pemasar tawarkan, tentunya agar pemasar dapat memenuhi kebutuhan konsumen.


SUMBER :



NAMA                  : RUTH APRIYANA TRI AYU
NPM                    : 19211500
KELAS                : 3EA17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar