BAB 5
KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP
Kepribadian
adalah ciri, karakteristik, gaya atau sifat-sifat yang memang
khas dikaitkan dengan diri kita. Dapat dikatakan bahwa kepribadian itu
bersumber dari bentukan-bentukan yang kita terima dari lingkungan,
misalnya bentukan dari keluarga pada masa kecil kita dan juga
bawaan-bawaan yang dibawa sejak lahir. Jadi yang disebut kepribadian itu
sebetulnya adalah campuran dari hal-hal yang bersifat psikologis, kejiwaan
dan juga yang bersifat fisik. Kepribadian yang terbentuk dari keluarga seperti
seorang anak yang memiliki sifat dermawan dan baik hati karena anak tersebut
selalu diajarkan oleh orangtuanya untuk selalu membantu sesama tanpa mengenal
status sosial atau seseorang yang menjadi berandal karena keluarganya yang
kurang memberi perhatian sehingga anak tersebut menjadi pemberontak.
Kepribadian juga terbentuk dari lingkunga hidup, seperti seorang anak yang
awalnya penurut dan rajin beribadah tiba-tiba berubah menjadi anak yang pembangkak
dan enggan untuk beribadah karena memiliki teman-teman yang suka mencari
masalah sehingga mempengaruhi kepribadian anak tersebut. Dan dalam hal ini
peran keluarga merupakan hal yang penting dalam membentuk atau mengontrol
kepribadian seseorang.
Pengertian
“gaya hidup” menurut KBBI adalah pola tingkah laku sehari-hari segolongan
manusia di dalam masyarakat. Gaya hidup menunjukkan bagaimana orang mengatur
kehidupan pribadinya, kehidupan masyarakat, perilaku di depan umum, dan upaya
membedakan statusnya dari orang lain melalui lambang-lambang sosial. Gaya hidup
atau life style dapat diartikan juga sebagai segala sesuatu yang memiliki
karakteristik, kekhususan, dan tata cara dalam kehidupan suatu masyarakat
tertentu.
Gaya
hidup dapat dipahami sebagai sebuah karakteristik seseorang secara
kasatmata, yang menandai sistem nilai, serta sikap terhadap diri sendiri dan
lingkungannya. Menurut Piliang (1998: 208), Gaya hidup merupakan kombinasi dan
totalitas cara, tata, kebiasaan, pilihan, serta objek-objek yang mendukungnya,
dalam pelaksanaannya dilandasi oleh sistem nilai atau sistem kepercayaan
tertentu.
Kita bisa
menilai seseorang dengan cara melihat gaya hidup orang tersebut. Itulah mengapa
bagian departemen marketing sebuah produk selalu melakukan pengamatan terhadap
gaya hidup seseorang yang menjadi target pasarnya untuk bisa mendapatkan hasil
penjualan yang maksimal. Karena memang melalui gaya hidup lah seseorang bisa
dengan tanpa sadar memperlihatkan kepada khalayak siapa diri mereka sebenarnya.
Gaya hidup
seseorang merupakan faktor yang menentukkan apa saja yang dia butuhkan dalam
menjalankan kediupan sehari-hari. Gaya hidup merupakan pola tingkah laku
seseorang dalam menunjukkan kelas sosialnya. Status sosial merupakan hal yang
paling penting dalam mempengaruhi gaya hidup seseorang.
Sumber
KEPRIBADIAN dan PERILAKU KONSUMEN
Dilihat
dari sudut pandang pemasaran, minat terhadap kepribadian terutama adalah untuk
melihat bagaimana kepribadian konsumen mempengaruhi perilakunya.
Pertanyan-pertanyaan yang menantang antara lain apakah pasar dapat disegmentasi
atas dasar kepribadian? Apakah ada kaitan kepribadian dengan brand yang digunakan
seseorang? Bagaimana kaitan antara kepribadian seseorang dengan kesediannya
untuk mencoba sesuatu produk baru atau kesediannya untuk mencoba produk luar
negeri? Begitu pula dengan bagaimana kaitan kepribadian seseorang dengan
pilihannya untuk berbelanja di took tertentu dan sebagainya. Jadi pemahaman
terhadap kepribadian akan membantu memahami perilaku konsumen.
Ciri-ciri
kepribadian membedakan antara konsumen yang inovatif dan yang tidak (Schiffman
dan Kanuk, 2000), termasuk disini ciri kepribadian yang dogmatis. Orang dengan
dogmatis tinggi, sulit menerima sesuatu yang baru karena keyakinan orang ini
terhadap sesuatu yang sudah diketahuinya sangat kuat. Untuk mempengaruhinya,
harus digunakan figure yang berkuasa, seperti selebriti dan tokoh-tokoh
masyarakat yang dikagumi. Sebaliknya, orang dengan dogmatism rendah, lebih bisa
menerima sesuatu yang baru. Mereka lebih bisa dipengaruhi dengan informasi
produk yang menekankan pada perbedaan dengan produk lain secara factual, dan
juga informasi tentang kegunaan produk.
Sumber
KARAKTERISTIK PRIBADI YANG MEMPENGARUHI
PERILAKU KONSUMEN
Studi
konsumen memberikan petunjuk untuk memperbaiki dan memperkenalkan produk atau
jasa, menetapkan harga, perencanaan saluran, menyusun pesan, dan mengembangkan
kegiatan pemasaran lain termasuk dalam mengetahui perilaku konsumen.
Pemasar harus sepenuhnya memahami teori maupun realitas perilaku konsumen, mencakup beberapa fakta penting tentang konsumen dan tren konsumen masa depan, seperti PT. Toyota-Astra Motor dengan mulai menganalisa pasar dengan perencanaan tren mobil keluarga ideal terbaik Indonesia.
Perilaku
pembelian konsumen sebenarnya di pengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial,
pribadi, dan psikologis. Sedangkan faktor yang paling berpengaruh dan paling
luas dan paling dalam adalah faktor budaya.
Menurut
Kolter, Philip, Keller, Kevin Lane factor yang mempengaruhi perilaku konsumen
sebagai berikut :
1.
Faktor
budaya
Budaya,
sub-budaya, dan kelas sosial sangat penting bagi perilaku pembelian. Budaya
merupakan penentu keinginan dan perilaku pembentuk paling dasar. Anak-anak yang
sedang tumbuh mendapatkan seperangkat nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku
dari keluarga dan lembaga-lembaga penting lainnya.
Masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yang lebih menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya. Sub-budaya mencakup kebangsaan, suku, agama, ras, kelompok bagi para anggotanya. Ketika sub-budaya menjadi besar dan cukup makmur, perusahaan akan sering merancang program pemasaran yang cermat disana.
Masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yang lebih menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya. Sub-budaya mencakup kebangsaan, suku, agama, ras, kelompok bagi para anggotanya. Ketika sub-budaya menjadi besar dan cukup makmur, perusahaan akan sering merancang program pemasaran yang cermat disana.
2.
Faktor
social
Selain
faktor budaya, perilaku konsumen di pengaruhi oleh faktor-faktor sosial,
seperti kelompok acuan, keluarga, peran, dan status sosial. Kelompok acuan
terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung
terhadap sikap atau perilaku orang tersebut.
Keluarga meruapkan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan para anggota keluarga menjadi kelompok acuan primer yang paling berpengaruh.
Keluarga meruapkan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan para anggota keluarga menjadi kelompok acuan primer yang paling berpengaruh.
Peran dan
status sosial seseorang menunjukkan kedudukan orang itu setiap kelompok sosial
yang ia tempati. Peran meliputi kegiatan yang diharapkan akan dilakukan oleh
seseorang. Masing-masing peran menghasilkan status.
Contoh, seorang yang memiliki peran sebagai manajer dan status yang lebih tinggi dari pegawai kantor, dimana ia juga memiliki banyak keluarga dan anak, tentu ia akan tertarik dengan produk mobil dari Toyota, karena ada kesesuaian antara kebutuhan dan keunggulan Toyota sebagai mobil keluarga ideal terbaik Indonesia, ia bahkan juga bisa membeli pakaian mahal dan juga keluarganya, membeli rumah besar untuk keluarganya dan lain-lain.
Contoh, seorang yang memiliki peran sebagai manajer dan status yang lebih tinggi dari pegawai kantor, dimana ia juga memiliki banyak keluarga dan anak, tentu ia akan tertarik dengan produk mobil dari Toyota, karena ada kesesuaian antara kebutuhan dan keunggulan Toyota sebagai mobil keluarga ideal terbaik Indonesia, ia bahkan juga bisa membeli pakaian mahal dan juga keluarganya, membeli rumah besar untuk keluarganya dan lain-lain.
3.
Faktor
pribadi
Keputusan
membeli juga di pengaruhi oleh karakteristik pribadi. Karakteristik tersebut
meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi,
kepribadian dan konsep diri, juga nilai dan gaya hidup pembeli.
4.
Faktor
Psikologi
Titik
awal untuk memahami perilaku konsumen adalah adanya rangsangan pemasaran luar
seperti ekonomi, teknologi, politik, budaya. Satu perangkat psikologi berkombinasi
dengan karakteristik konsumen tertentu untuk menghasilkan proses keputusan dan
keputusan pembelian. Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi dalam
kesadaran konsumen antara datangnya rangsangan pemasaran luar dengan keputusan
pembelian akhir. Empat proses psikologis (motivasi, persepsi, ingatan dan
pembelajaran) secara fundamental, mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap
rangsangan pemasaran.
Sedangkan
menurut James F. Engel – Roger D Blackwell-Paul W. Miniart dalam saladin
terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
1) Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya,
kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen
adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu
dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan
yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor
tersebut diatas.
2) Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari
motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan
demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang
menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan
memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
3) Proses psikologis, terdiri dari pengolahan
informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut
menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut
mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.
Sumber
TEORI-TEORI KEPRIBADIAN
Teori-teori Kepribadian
Terdapat banyak teori tentang bagaimana sebuah kepribadian
berkembang. Paling tidak terdapat 3 perspektif pada kepribadian yaitu :
1) Psychodynamic Theory
Teori ini diciptakan oleh Sigmund Freud dan merupakan tonggak awal psikologi modern. Disini dirumuskan dengan premis bahwa kebutuhan atau dorongan yang tidak disadari (unconscious need) konsumen terutama dorongan biologis dan seksual merupakan inti dari motivasi dan kepribadian. Ada tiga system yang berinteraksi didalam kepribadian manusia:
·
Id
merupakan pusat dari semua dorongan-dorongan primitive dan impulsive.
·
Superego
merupakan ekspresi individual tentang perilaku yang dibenarkan menurut norma
dan etika social.
·
Ego
merupakan pengendalian diri yang disadari oleh individu.
Beberapa cara atau metode yang digunakan individu untuk mengatasi masalah psikologis yaitu :
• Identifikasi
Beberapa cara atau metode yang digunakan individu untuk mengatasi masalah psikologis yaitu :
• Identifikasi
Bila
individu menggunakan metode ini, maka mereka akan mengadopsi metode orang lain
yang telah terbukti berhasil mengatasi masalah psikologi. Misalkan menggunakan
produk yang sama dengan yang biasa digunakan oleh keluarganya.
• Represi
• Represi
Individu
dapat mengendalikan kebutuhan fisiologis dengan membiarkan kebutuhan tersebut
tak terpuaskan. Misalkan konumen menahan diri untuk tidak mengeluh ketika penjual
mengecewakan.
• Displacement
• Displacement
Individu
berupaya mengkonversikan kebutuhan fisiologisnya dalam bentuk yang lebih dapat
diterima. Misalkan manggati kebiasaan merokok dengan mengkonsumsi permen rokok.
• Prosyeksi
• Prosyeksi
Individu
berupaya untuk menyelesaikan konflik psikologis yang dihadapinya dengan
menyalahkan orang lain.
• Rasionalisasi
• Rasionalisasi
Individu
menciptakan pemikiran rasional untuk suatu tindakan dari pada mengakui
kebenaran dari tindakan tersebut. Misalkan seorang konsumen mengaku lebih
menyukai Toyota Kijang dari pada Toyota Altis, karena bentuknya yang lega, namun
sesunghnya ia tidak mampu membeli Toyota Altis.
2) Neo-Freudian Personality Theory
Berbeda
dari pandangan Freud bahwa kepribadian bahwa kepribadian bersumber dari insting
manusia secara alamiah, Karen Hornet, salah satu peneiliti teori ini mengajukan
sebuah mekanisme yang dilalui individual dalam rangka mencari jalan keluar dari
konflik yang menggelisahkan. Menurutnya individu dapat dibedakan menjadi 3
kepribadian yaitu :
·
Compliant
Individual
Individu-individu yang cenderung mendekati orang lain. Mereka memepunyai hasrat untuk dikasihi, diingini, dan dihargai.
·
Aggressives
Individual
Individu-individu yang cenderung menentang orang lain. Mereka mempunyai hasrat untuk berprestasi dan mendapatkan pujian.
• Detached Individual
Individu-individu yang cenderung menjauhi orang lain. Mereka suka kemandirian, kemerdekaan, kebebasan dari kebajiban.
3) Trait Theory
Trait Theory menggunakan asumsi (1) bahwa semua individu memilik karakter berbeda, (2) karakter tersebut bersifat konsisten dan dapat diukur perbedaanya antara individu yang satu dengan yang lain.
Costa dan McCrae (1992;dalam Walzuch,2001), membagi karakter manusia menjadi 5 yaitu :
o
Extraversion
Manusia memiliki karakter extraversion adalah mereka yang suka berada didunia lain selain dunia mereka. Mereka adalah manusia ekstrovert yang focus pada dunia luar, lebih bersifat social, tidak terlalu peduli dan cepat sekali berubah.
Manusia memiliki karakter extraversion adalah mereka yang suka berada didunia lain selain dunia mereka. Mereka adalah manusia ekstrovert yang focus pada dunia luar, lebih bersifat social, tidak terlalu peduli dan cepat sekali berubah.
o
Neurotism
Karakter ini ditandai dengan kondisi emosi yang tidak stabil, pesimis dan kepercayaan diri yang rendah.
Karakter ini ditandai dengan kondisi emosi yang tidak stabil, pesimis dan kepercayaan diri yang rendah.
o
Agreebleness
Manusia yang memiliki karakter ini cenderung berkeyakinan posotif dan menghargai nilai-nilai orang lain, mereka sangat peduli pada norma-norma masyarakat. Manusia dengan karakter ini adalah mereka yang dapat sangat dipercaya.
Manusia yang memiliki karakter ini cenderung berkeyakinan posotif dan menghargai nilai-nilai orang lain, mereka sangat peduli pada norma-norma masyarakat. Manusia dengan karakter ini adalah mereka yang dapat sangat dipercaya.
o
Conscientiousness
Karakter ini ditandai dengan sikap bertanggung jawab, penuh dedikasi, dan dapat dipercaya. Mereka yang berkarakter conscientiousness cenderung mengambil keputusan dengan serius dan sangat hati-hati.
Karakter ini ditandai dengan sikap bertanggung jawab, penuh dedikasi, dan dapat dipercaya. Mereka yang berkarakter conscientiousness cenderung mengambil keputusan dengan serius dan sangat hati-hati.
o
Openess
to experience
Jika seseorang memiliki karakter ini maka akan nampak pada keterbukaan cara berpikir dan mau menerima konsep-konsep baru. Umumnya mereka akan membuat keputusan yang tidak konservatif.
4) Carl Jung Theory
Carl Jung berpendapat dalam psikologi terdapat 2 dimensi cara berperilaku dan 4 fungsi dasar psikologi. Dua dimensi berorientasi dan menggambarkan tentang arah aliran energy psikis taua perhatian yaitu extroversion dan introversion. Extroversion adalah energy psikis yang diarahkan untuk mewujudkan dunia luar atau sesuatu. Sedangkan introversion adalah energy psikis yang focus pada proses-proses psikis internal yang meliputi perasaan dan ide-ide pemikiran.
Empat fungsi dasar psikologi :
• Sensasi
Adalah sesuatu yang menjembatani aliran masuknya informasi kedalam benak konsumen
• Intuisi
Adalah suatu kemampuan untuk melihat sesuatu yang tidak nampak dan selalu berupaya untuk melihat pola dan gambaran besarnya.
• Berpikir
Merupakan tipe individu yang selalu menggunakan kempuan intelektualnya untuk melakukan berbagai pertimbangan sebelum melakukan sesuatu.
• Perasaan
Individual yang cenderung menggunakan nilai-nilai pribadi dan perasaannya dalm proses pemecahan masalah dikelompokkan oleh Jung sebagai feeling-type.
Sumber
DIMENSI KEPRIBADIAN KONSUMEN
Nilai-nilai
kepribadian seseorang mengalami pasang surut seiring dengan besarnya tantangan
dan cobaan yang dihadapi. Ada seseorang yang semakin ditempa oleh tantangn dan
cobaan menjadi semakin kuat dan memiliki kepribadian yang dahsyat, namun ada
pula seseorang yang semakin besar tantangan dan cobaannya menjadi semakin
terpuruk dan putus asa. Oleh karena itu dalam makalah tentang kepribadian ini
kami mengangkat judul ”Mendahsyatkan Pribadi Biasa Menjadi Luar Biasa”.
Dimensi
kepribadian :
1. Ekstraversi
Suatu dimensi kepribadian yang mencirikan seseorang yang
senang bergaul dan banyak bicara dan tegas.
2. sifat menyenangkan
suatu dimensi kepribadian yang mencirikan seseorang yang
baik hati, kooperatif dan mempercayai.
3. sifat mendengarkan kata hati
suatu dimensi kepribadian yang mencirikan seseorang yang
bertanggung jawab, dapat diandalkan, tekun dan berorientasi prestasi
4. kemantapan emosional
suatu dimensi kepribadian yang mencirikan seseorang yang
tenang, bergairah,terjamin (positif), lawan tegang, gelisah,murung dan tak
kokoh (negative).
5. keterbukaan terhadap pengalaman
suatu dimensi kepribadian yang emncirikan seseorang yang
imajinatif, secara artistic peka dan intelektual.
Sumber
GAYA HIDUP KONSUMEN
Adanya
berbagai produk yang ditawarkan suatu perusahaan memberikan alternatif untuk
memilih produk serta memutuskan pada perusahaan mana konsumen akan menjadi
pelanggan. Keadaan ini menyebabkan timbulnya persaingan tajam antar perusahaan,
agar berhasil menghadapi persaingan tersebut, maka konsep pemasaran yang
berorientasi pada konsumen (consumer oriented) menjadi penting dan perusahaan
harus memperhatikan serta memahami perilaku konsumennya dalam memutuskan
pembelian produk.
Dengan memahami karakteristik personal konsumen, segmentasi bisa dilakukan dengan melihat dari berbagai aspek yang ada pada konsumen. Misalnya saja gaya hidup, pemahaman yang terintegrasi atas berbagai aspek konsumen akan memudahkan pemasaran untuk melakukan tindakan yang efektif dalam kebijakan pemasarannya.
Gaya hidup menurut Hair dan McDaniel adalah cara hidup, yang diidentifikasi melalui aktivitas seseorang, minat, dan pendapat seseorang. Penilaian gaya hidup dapat dilakukan melalui analisa psychografi. Psychografi merupakan teknik analisis untuk mengetahui gaya hidup konsumen sehingga dapat dikelompokkan berdasarkan karakteristik gaya hidupnya. Menurut Kasali gaya hidup mencerminkan bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya yang dinyatakan dalam aktivitas-aktivitas, minat dan opini-opininya.
Pendekatan gaya hidup cenderung mengklasifikasikan konsumen berdasarkan variabel-variabel Activity, Interest, Opinion, yaitu aktivitas, interes (minat), dan opini (pandangan-pandangan). Menurut Setiadi sikap tertentu yang dimiliki konsumen terhadap suatu objek tertentu bisa mencerminkan gaya hidupnya. Gaya hidup seseorang bisa juga dilihat dari apa yang disenangi, ataupun pendapatnya mengenai objek tertentu.
Gaya hidup hanyalah salah satu cara mengelompokkan konsumen secara psikografis. Gaya hidup pada prinsipnya adalah bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. Ada orang yang senang mencari hiburan bersama kawan-kawannya, ada yang senang menyendiri, ada yang bepergian bersama keluarga, berbelanja, melakukan aktivitas yang dinamis, dan ada pula yang memiliki dan waktu luang dan uang berlebih untuk kegiatan sosial-keagamaan. Kasali menyatakan bahwa gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang, dan akhirnya menentukan pilihan-pilihan konsumsi seseorang.
Begitu pula menurut Mowen dan Minor yang menyatakan bahwa penting bagi pemasar untuk melakukan segmentasi pasar dengan mengidentifikasi gaya hidup melalui pola perilaku pembelian produk yang konsisten, penggunaan waktu konsumen, dan keterlibatannya dalam berbagai aktivitas. Mowen dan Minor menegaskan bahwa gaya hidup merujuk pada bagaimana orang hidup, bagaimana mereka membelanjakan uangnya, dan bagaimana mereka mengalokasikan waktu mereka. Hal ini dinilai dengan bertanya kepada konsumen tentang aktivitas, minat, dan opini mereka, gaya hidup berhubungan dengan tindakan nyata dan pembelian yang dilakukan konsumen.
Sumber
NILAI DAN GAYA HIDUP KONSUMEN
Berdasarkan
kepada analisisnya , Freud mengemukakan bahwa nilai-nilai individu kepribadian
manusia terdiri dari 3 sistem yang saling mempengaruhi yaitu id, superego, dan
ego.
1. ID
Id dirumuskan sebagai “gudang”
dari berbagai dorongan primitif dan impulsif berupa kebutuhan fisiologis dasar
seperti rasa haus, lapar, dan seks yang diusahakan individu untuk segera
dipenuhi, terlepas dari bagaimana cara yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan
itu.
2. Superego
Sedangkan superego dirumuskan
sebagai pernyataan diri individu mengenai moral dan kode eti k yang berlaku di
dalam masayarakat. Peran superego adalah menjaga agar individu tersebut
memuaskan kebutuhan dengan cara yang dapat diterima masyarakat.
3. Ego
Terakhir, yaitu ego, merupakan
pengendalian individu secara sadar. Fungsinya sebagai pemantau dalam diri
manusia yang berusaha menyeimbangkan tuntutan id yang impulsi dengan kendala
sosial buadaya atas superego.
Gaya hidup adalah bagaimana seseorang menjalankan
apa yang menjadi konsep dirinya yang ditentukan oleh karakteristik individu
yang
terbangun dan terbentuk sejak lahir dan seiring
dengan berlangsungnya interaksi sosial selama mereka menjalani siklus
kehidupan.
Psikografi adalah variabel-variabel yang digunakan
untuk mengukur gaya hidup. Bahkan sering kali istilah psikografi dan gaya hidup
digunakan secara bergantian. Beberapa variabel psikografi adalah sikap, nilai,
aktivitas, minat, opini, dan demografi.
Gaya hidup terkait dengan bagaimana seseorang hidup,
bagaimana menggunakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu mereka.
Kepribadian menggambarkan konsumen lebih kepada perspektif internal, yang
memperlihatkan karakteristik pola berpikir, perasaan dan persepsi mereka
terhadap sesuatu.
Ada 3 Faktor yang mempengaruhi Gaya Hidup Konsumen :
Kegiatan yaitu bagaimana konsumen menghabiskan waktunya.
Minat yaitu tingkat keinginan atau perhatian atas pilihan yang dimiliki konsumen.
Pendapat atau pemikiran yaitu jawaban sebagai respon dari stimulus dimana semacam pertanyaan yang diajukan.
Sumber
MENGGUNAKAN KARAKTERISTIK GAYA HIDUP
DALAM STRATEGI PEMASARAN
Gaya hidup yang berlebihan dapat
membuka jalan bagi pasar untuk memasarkan produknya, karena produsen menganggap
bahwa konsumen akan menyukai dan membeli produk yang ditawarkan konsumen.
Maka tidak heran jika produsen
berlomba-lomba untuk membuat produk yang menjadi kebutuhan dan konsumen
menjadikan produk tersebut menjadi gaya hidupnya sehari-hari.
Gaya hidup konsumen yang senang
mengkonsumsi barang akan dimanfaatkan produsen dengan sebaik-baiknya agar dapat
memuaskan kebutuhan konsumen dan perusahaan mendapatkan keuntungan yang
optimal.
PERTANYAAN KAJIAN DAN DISKUSI DALAM
KONSUMEN
Pertanyaan-pertanyaan
berikut ini digunakan untuk mencari dan mengolah informasi dari
perusahaan-perusahaan yang menjadi subjek kajian lapangan.
1.
Sebutkan
empat tantangan paling besar yang saat ini dihadapi oleh perusahaan anda.
2.
Sebutkan
lima tolak ukur keberhasilan terpenting bagi perusahaan anda dan, menurut anda,
bagaimana kinerja perusahaan anda bila dihadapkan pada tolak ukur tersebut
selama kurun waktu dua tahun terakhir.
3.
Sebutkan
empat factor eksternal paling penting yang kemungungkinan akan memengaruhi
perusahaan anda dalam tiga tahun kedepan.
4.
Apa yang
sebenarnya paling diinginkan konsumen dari kelas produk atau layanan yang
perusahaan anda tawarkan ?
5.
Segmen
konsumen mana yang paling menjanjikan bagi perusahaan anda dalam tiga tahun ke depan
?
NAMA : RUTH APRIYANA TRI AYU
NPM : 19211500
KELAS : 3EA17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar