Selasa, 08 Oktober 2013

SEGMENTASI PASAR

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

 

1.   Segmentasi Pasar
      Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi atau mengelompokkan pasar dari pasar homogen (sejenis) kedalam pasar yang sesuai dengan kebutuhan konsumen masing-masing ( heterogen). Misalnya membagi pasar sesuai dengan usia,jenis kelamin,hoby dan lain sebagiannya.
 Secara umum segmentasi pasar memiliki tujuan untuk dapat menempatkan perusahaan di posisi yang baik di pasar. Tujuan yang lainnya ialah meningkatkan penjualan, memperbaiki pangsa pasar, melakukan komunikasi dan promosi yang lebih baik, dan memperkuat citra.
      Dalam melakukan segmentasi pasar, terdapat keuntungan-keuntungan yang diperoleh :
1)    Mendesain produk-produk yang lebih responsive terhadap kebutuhan pasar.
2)    Menganalisis pasar.
3)    Menilai peluang.
4)    Menguasai posisi yang superior dan kompetetif.
5)    Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien.

Segmentasi pasar pun memiliki beberapa syarat,yaitu antara lain :
1)    Measurability ,yaitu perusahaan harus mengukur sifat-sifat dari konsumen.
2)    Accessibility, yaitu perusahaan secara efektif mengarahkan pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3)    Substantiability, yaitu segmen pasar yang telah dipilih perusahaan harus cukup besar menguntungkan didalam pemasaran.

Klasifikasi segmen pasar, antara lain yaitu :
1)    Segmentasi pasar konsumen
Merupakan membentuk segmen pasar dengan menggunakan cirri-ciri konsumen, selanjutnya perusahaan menganalisis segmen konsumen tersebut apakah menunjukkan tanggapan produk yang berbeda atau tidak.
2)    Segmentasi pasar bisnis
Merupakan pembentukan klasifikasi pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen terhadap manfaat yang dicari,waktu penggunaan,dan merk.
3)    Segmentasi pasar yang efektif
Menurut Fandy Ciptono,2001 :
-       Dapat di ukur
-       Segmen pasar besar
-       Dapat di jangkau
-       Dapat di bedakan
-       Dapat di ambil tindakan

a.    Segmentasi dan Kepuasan Konsumen

           Kepuasan merupakan perasaan seseorang terhadap suatu keadaan yang menunjukkan kesan senang atau kecewa. Konsumen akan merasa puas terhadap suatu produk apabila produk tersebut telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut. Konsumen akan merasa tidak puas apabila produk yang ada tidak memberikan manfaat yang baik untuk konsumen dan pelayanan yang diberikan perusahaan kurang memuaskan.
Untuk lebih jelas nya, kepuasan konsumen dibagi menjadi 2,yaitu :
1)    Kepuasan Fungsional
Ialah kepuasan yang diperoleh konsumen dari suatu produk yang dapat memberikan manfaat yang baik dari suatu produk.
2)    Kepuasan Psikologikal
Ialah kepuasan yang diperoleh konsumen dari suatu pelayanan produk tersebut.

b.    Segmentasi dan Profitabilitas

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang diharapkan dan perusahaan dapat bertumbuh untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam meningkatkan profitabilitas, perusahaan harus bisa memproduksi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk itu sebaiknya perusahaan harus pintar dalam menganalisis dan menempatkan produk yang akan diproduksi perusahaan.

c.    Penggunaan Segmentasi Dalam Strategi Pemasaran

Perusahaan dalam mengelompokkan pasar haruslah memiliki strategi. Strategi-strategi tersebut dilakukan untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan perusahaan.
Misalnya perusahaan dalam mengelola sumber daya alam yang ada haruslah yang ramah lingkungan, perusahaan juga dapat memberikan kualitas yang terbaik untuk produk nya termasuk memberikan pelayanan yang baik. Menentukan harga produk sesuai dengan kemampuan yang dimiliki semua tingkatan konsumen dari tingkatan bawah hingga tingkatan atas.
Seringkali konsumen merasa kecewa karena strategi yang dilakukan perusahaan tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

2.   Rencana Perubahan

Perencanaan dalam perusahaan adalah proses menentukan dengan tepat dan baik yang akan dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Apabila rencana yang dijalankan perusahaan tidak memberikan hasil yang baik atau menguntungkan, perusahaan dapat merubah perencanaan atau strategi.
Contohnya: mungkin perusahaan harus lebih banyak mendapatkan informasi akan kebutuhan dan keinginan konsumen. Perusahaan harus terus berinovasi untuk produk yang dihasilkannya, perusahaan juga harus menganalisis pasar.

a.    Analisis Konsumen dan Kebijakan Sosial

            Dalam menganalisis konsumen, perusahaan harus benar-benar memngukur konsumen dengan kemampuan daya beli terhadap produk perusahaan.
Analisis kebijakan (policy analysis) dapat dibedakan dengan pembuatan atau pengembangan kebijakan (policy development). Analisis kebijakan tidak mencakup pembuatan proposal perumusan kebijakan yang akan datang. Analisis kebijakan lebih menekankan pada penelaahan kebijakn yang sudah ada. Sementara itu, pengembangan kebijakan lebih difokuskan pada proses pembuatan proposal perumusan kebijakan yang baru.
Namun demikian, baik analisis kebijakan maupun pengembangan kebijakan keduanya memfokuskan pada konsekuensi-konsekuensi kebijakan. Analisis kebijakan mengkaji kebijakan yang telah berjalan, sedangkan pengembangan kebijakan memberikan petunjuk bagi pembuatan atau perumusan kebijakan yang baru.
            Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa analisis kebijakan sosial adalah usaha terencana yang berkaitan dengan pemberian penjelasan (explanation) dan preskripsi atau rekomendasi (prescription or recommendation) terhadap konsekuensi-konsekuensi kebijakan sosial yang telah diterapkan. Penelaahan terhadap kebijakan sosial tersebut didasari oleh oleh prinsip-prinsip umum yang dibuat berdasarkan pilihan-pilihan tindakan sebagai berikut:

1)    Penelitian dan rasionalisasi yang dilakukan untuk menjamin keilmiahan dari analisis yang dilakukan.
2)    Orientasi nilai yang dijadikan patokan atau kriteria untuk menilai kebijakan sosial tersebut berdasarkan nilai benar dan salah.
3)    Pertimbangan politik yang umumnya dijadikan landasan untuk menjamin keamanan dan stabilitas.


b.    Perubahan Struktur Pasar Konsumen

Secara umum struktur pasar konsumen terdiri dari:
1)    Pasar persaingan sempurna
Adalah pasar yang teridiri dari produsen dan konsumen yang melakukan tawar-menawar dalam mendapatkan tujuannya masing-masing.
2)    Pasar monopolistic
Adalah pasar yang terdiri dari banyak penjual atau produsen yang memiliki produk sejenis.
3)    Pasar oligopoly
Adalah pasar yang terdiri dari dua atau lebih penjual atau produsen dalam satu wilayah area.
4)    Pasar monopoli
Adalah pasar yang terdiri dari satu penjual atau produsen dan harga ditentukan oleh produsen.


SUMBER :



            (http://frommarketing.blogspot.com/2009/08/tujuan-segmentasi-       pasar.html)

(http://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&docid=tdfCPVioUfd_tM&tbnid=C2ge0vKor3pJaM:&ved=0CAQQjB0&url=http%3A%2F%2Fcoecoesm.wordpress.com%2F2011%2F11%2F28%2Fsegmentasi-pasar%2F&ei=pNBTUt7FIaS6iQfBo4GAAw&bvm=bv.53537100,d.dGI&psig=AFQjCNENxKdDOz56rfdl-WuEDbfpYoLV5g&ust=1381310931351541 )

           
           
NAMA                  : RUTH APRIYANA TRI AYU
NPM                    : 19211500
KELAS                : 3EA17


Tidak ada komentar:

Posting Komentar